Penyebab Radang Amandel

Penyebab Radang Amandel – Amandel adalah dua tonjolan daging kecil yang menyerupai kelenjar yang terdapat di kiri kanan tekak. Tonsilitis atau radang amandel dapat bersifat akut atau kronis. Tonsilitis akut yang tidak parah biasanya berlangsung sekitar 4-6 hari. Pada tonsilitis kronis biasanya memerlukan pembedahan.

Penyebab Radang Amandel

Penyebab Radang Amandel

Radang amandel pada anak ditandai dengan sakit tenggorokan ringan hingga menjadi parah, amandel menjadi bengkak dan merah serta gatal. Radang amandel dapat menyebabkan:

  • Kesukaran menelan
  • Panas
  • Sakit pada otot dan sendi
  • Badan terasa sakit
  • Kedinginan
  • Sakit telinga

Jika pembengkakan sudah terlalu besar, akan menyatu dan dapat menghalangi jalan pernapasan. Pada tonsilitis yang kronis dapat mengakibatkan keluarnya nanah pada lekukan tonsil. Radang amandel lebih banyak menyerang anak-anak. Penderita dianjurkan banyak minum air hangat dan pantang atau dilarang minum es dan sirup.

Penyebab Radang Amandel

Peradangan tonsil disebabkan adanya infeksi bakteri dari kelompok A streptokokus beta hemolitik. Selain itu penyebab radang amandel pada anak juga disebabkan karena makanan. Sekitar 70% presentase penyebab radang amandel pada anak adalah karena makanan. Makanan yang bisa membuat radang amandel kambuh adalah gorengan, makanan yang pedas, minuman yang terlalu dingin, makanan yang mengandung minyak berlebihan, dan makanan-makanan seperti inilah yang bisa memicu terjadinya perkembangan bakteri di dalam tenggorokan. Karena amandel merupakan salah satu bentuk dari kelenjar getah bening yang mempunyai manfaat sebagai salah satu pusat perlawanan pada terjadinya infeksi di dalam tubuh.

Selain itu, penyebab radang amandel pada anak juga bisa disebabikan karena kuman nyang masuk ke dalam mulut dan pada akhirnya menyebabkan serangan amandel di dalam tenggorokan anak. Namun, penyebab radang amandel yang terjadi pada orang dewasa juga tidak jauh berbeda pada anak-anak. Hal ini bisa disebabkan karena asupan makanan yang mengandung asam dan juga pedas. Untuk menghindari atau mencegah penyakit amandel ini maka yang bisa dilakukan adalah dengan mencuci tangan saat akan makan, disaat Anda sedang batuk atau juga bersin, maka sebaiknya gunakanlah sapi atau juga tisu, tunakanlah alat maan sendiri-sendiri dan sebaiknya jangan menggunakan alat makan yang sama dengan orang lain.

CARA MENGOBATI RADANG AMANDEL

Cara mengobati penyebab radang amandel adalah salah satuya dengan menggunakan cara tradisional alami. Jika amandel masih tergolong ringan maka sebaiknya gunakanlah ramuan obat amandel herbal alami. Ramuan ini terbuat dari bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita, namun sebelumnya kita harus mengetahui terlebih dahulu ramuan apa saja yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit amandel. Karena tidak semua tanaman obat bisa Anda jadikan sebagai obat untuk membantu mengatasi amandel.

Cara mencegah penyebab radang amandel pada anak adalah dengan melakukan atau menerapkan cara dibawah ini :

  1. Hindarilah makanan yang sangat tidak dianjurkan yang bisa menyebabkan terjadinya penyakit amandel.
  2. Sebaiknya cucilah tangan Anda saat hendak akan makan. Karena walaupun tangan Anda sudah bersih namun masih ada 1 atau juga 2 virus yang bisa menempel pada tangan Anda.
  3. Jika Anda mempunyai teman atau juga anggota keluarga Anda yang menderita sakit amandel, maka sebaiknya jangan gunakan alat makan dengan bersamaan.

Selain itu, cara mengobati penyakit amandel pada anak juga bisa dilakukan dengan melakukan terapi jus seperti dibawah ini :

  1. Minumlah 1 gelas jus wortel dan juga setengah gelas jus bayam di pagi hari
  2. Minum 1 gelas jus wortel dan jga setengah gelas jus bayam pada siang hari
  3. Minum 1 gelas jus wortel dan juga setengah gelas jus seloedri, dan 1/3 gelas jus bayam pada sore hari
  4. Minum 1 gelas jus wortel di malam hari

Penyakit radang amandel memanglah bukan penyakit yang serius, namun penundaan dalam melakukan cara mengobati amandel ini akan mempengaruhi kualitas hidup penderita. Maka sebaiknya lakukanlah pengobatan secara lebih dini untuk mencegah terjadinya komplikasi akibat penyebab radang amandel pada anak. Ikuti saran dokter dan menerapkan pola hidup yang sehat.

Obat Tradisional Radang Amandel

1. Cara Pertama

Bahan-Bahan :

– 300 gram wortel
– 50 gram daun sosor bebek

Cara Pemakaian :

– Semua bahan dicuci bersih, lalu di jus
– Airnya digunakan untuk berkumur-kumur di tenggorokan selama beberapa menit
– Lakukan 2-3 kali sehari

2. Cara Kedua

Bahan-Bahan :

– 250 gram wortel
– 30 gram kunyit
– 1 butir kuning telur ayam
– Air jeruk nipis secukupnya
– Madu secukupnya

Cara Pemakaian :

– Cuci bersih semua bahan
– Lalu blender dengan menambahkan sedikit air, dan disaring
– Kemudian tambahkan kuning telur, madu dan air jeruk nipis
– Aduk sampai rata dan minum
– Lakukan 2 kali sehari

 Penyebab Radang Amandel


=====================================

>>> Lamandel 100% Bahan Alami Membantu Mengatasi Radang Amandel, Radang Tenggorokan, Sakit Tenggorokan, Batuk Pilek, Memperbaiki Nafsu Makan dan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================

This entry was posted in Amandel Pada Anak and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *