Radang Amandel Pada Anak

Radang Amandel Pada Anak – Amandel atau tonsil merupakan kumpulan jaringan limfoid yang terletak di kerongkongan di belakang kedua ujung lipatan belakang mulut. Tonsil berfungsi mencegah agar infeksi tidak menyebar ke seluruh tubuh dengan cara menahan kuman memasuki tubuh melalui mulut, hidung, dan kerongkongan, oleh karena itu tidak jarang tonsil mengalami peradangan.

Radang Amandel Pada Anak

Radang Amandel Pada Anak

Radang amandel akut (tonsilitis akut) adalah penyakit infeksi tonsil dengan gejala sebagai berikut :

PENYAKIT AMANDEL

Penyakit amandel yang bersifat akut bisa menyerang anak selama 1 inggu, dan selain itu juga penyakit amandel juga bisa bersifat kornis dan bisa menyerang dalam jangka waktu yang lebih lama. Selain itu gejala amandel yang terjadi akan membuat anak menjadi lemas dan menjadi kurang nyaman. Penyakit amandel pada anak dengan kasus yang parah harus dilakukan adalah dengan tindakan operasi untuk membuat amandel ini tidak kambuh lagi dan tidak akan menghamba proses pernapasan serta masuknya makanan ke dalam ntenggorokan.

Selain itu juga operasi yang dilakukan bertujuan untuk bisa membantu membasmi kuman-kuman yang ada di dalamnya. Amandel akan berangsur pulih dan mencapai tingkat normal di usia 3 tahun dan saat usia kurang dari 5 tahun maka kadarnya sudah berada diatas normal. Namun jika masih terjadi suatu komplikasi dari abses amandel bahkan terjadinya kasus lain seperti menyerang organ tubuh lain seperti ginjal dan juga jantung. Apalagi jika adenoid yang mengalami pembesaran, hal ini akan membuat anak-anak menjadi susah bernapas sehingga anak harus bernapas lewat mulut. Adenoid yang mengalami pembesaran ini pada akhirnya akan mendesak salouran eustachius yang mengalamu sumbatan. Dan pada akhirnya akan menimbulkan cairan yang ada di dalam telinga dan membuat penderitanya menjadi tuli.

Penyebab Radang Amandel pada anak

Radang amandel akut ini disebabkan oleh kuman Streptococcus beta hemolyticus, Streptococcus viridians, Streptococcus pyogenes dan juga dapat disebabkan oleh virus. Selain itu, penyebab amandel pada anak juga bisa diakibatkan karena beberapa hal seperti dibawah ini :

  1. Kurangnya asupan minuman atau makanan yang mengandung vitamin C
  2. Kurang minum air putih 8 gelas dalam sehari
  3. Makanan yang mengandung bahan pengawet, pemanis buatan serta bahan kimia
  4. Kurang menjaga kebersihan tangan saat hendak makian
  5. Mengonsumsi jenis makanan nyang ekstrim atau jenis makanan yang terlalu panas, terlalu dingin, asam dan juga pedas.

Cara Penularan dan Gejala Klinis Radang Amandel pada anak

Cara penularan radang amandel akut melalui percikan air ludah.

Gejala klinis radang amandel pada anak yaitu :

  • Suhu tubuh naik hingga 40 derajat Celcius
  • Rasa gatal di tenggorokan
  • Lesu
  • Nyeri sendi
  • Nyeri telan
  • Tidak nafsu makan
  • Nyeri telinga

Cara Mengobati Radang Andel

Pengobatan radang amandel akut pada anak yaitu dengan pemberian antibiotik golongan penisilin atau sulfonamide selama 5 hari, obat penurun panas dan obat kumur. Apabila anak mengalami radang amandel yang berulang (lebih dari 3 kali dalam setahun) maka merupakan indikasi untuk dilakukan operasi tonsilektomi (pengangkatan tonsil). Selain itu, salah satu cara mengobati amandel yang alami adalah dengan menggunakan jeruk nipis dengan kandungan zat anti bakteri yang ada di dalamnya. Salah satu manfaat dari jerukn nipis adalah untuk membantu mengatasi masalah amandel. Cara membuat raman ini adalah menggunakan 2 buah jeruk nipis dan 1;/2 sendok nteh kapur sirih. Kemudian cara membuat ramuannya adalah ambillah 2 buah jeruk nipis dan setelah itu peraslah airnya. Tambahkanlah sedikit air kapur sirih dan aduklah sampai merata. Minumlah ramuan tradisional ini untuk 3 kali dalam sehari dan diminum dengan teratur.

Pengaturan Makanan Untuk Anak yang Terkena Radang Amandel

  • Pengaturan makanan disesuaikan dengan gejala penyakit yang dialami anak.
  • Usahakan anak untuk minum banyak air atau cairan seperti sari buah, susu, terutama selama demam.
  • Berikan makanan dalam bentuk lunak sehingga mempermudah anak mengunyah makanan
  • Sebaiknya hindari minum es, sirup, es krim, gorengan, makanan yang diawetkan, makanan dan snack yang menggunakan penyebab rasa
  • Berikan makanan sumber antioksidan (beta karoten, vitamin C, vitamin E) untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak, seperti sayuran hijau, labu kuning, tomat, wortel, jeruk, stroberi, kiwi, jambu biji, melon, kacang-kacangan, hati, telur dan susu

Makanlah jenis makanan seperti dibawah ini untuk membantu mengatasi sakit amandel pada anak :

  1. Bubur
    Bubur merupakan salah satu jenis makanan yang baik untuk membantu mengatasi amandel. Teksturnya yag lembut sangat baik untuk tenggorokan. Anda bisa menambahkan sedikit rempah-rempah seperti cengkeh yang bisa membantu menyembuhkan amandel.
  2. Bayam
    Sayur bayam bisa membantu untuk mengatasi infeksi pada tenggorokan. Tambahkan sedkit bumbu lada hitam. Sayur bayam bisa mmebantu mengatasi sakit tenggorokan akibat radang amandel.

 Radang Amandel Pada Anak

 

http://www.nyerisendi.org/


=====================================

>>> Lamandel 100% Bahan Alami Membantu Mengatasi Radang Amandel, Radang Tenggorokan, Sakit Tenggorokan, Batuk Pilek, Memperbaiki Nafsu Makan dan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, Klik Detail Disini!
=====================================

This entry was posted in Amandel Pada Anak and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>